Hypertext Preprocessor (PHP) itu apa ya - Apa dan Fungsi >

Hypertext Preprocessor (PHP) itu apa ya



Hypertext Preprocessor

PHP itu apa ?

      PHP adalah bahasa server sside scripting yang menyatu dengan HTML untuk membuat halaman WEB yang dinami.Karena PHP merupakan server side scripting maka sintaks dan perintah perintah PHP akan dieksekusi di server kemudian hasilnya dikirim ke browser dalam format HTML.
        PHP termasuk Open Source Product,sehingga source code PHP dapat diubah dan didistribusikan secara bebas.Versi terbaru PHP dapat diunduh secara gratis di resmi PHP : www.php.net atau klik disini.PHP juga dapat berjalan pada berbagai Web server seperti IIS (Internet Information Server),PWS (Personal Web Server),Apache,Xitami.PHP juga mampu lintas platfrom,artinya PHP dapat berjalan dibnyak sistem operasi yang beredar saat ini,di antaranya : Microsoft Windows(Semua versi),Linux,Mac OS,Solaris.
      Salah satu ke unggulan yang dimiliki PHP adalah kemampuannya untuk melakukan koneksi ke berbagai macam software sistem manajemen basis data/Database Management System (DMS),Antara lain Oracle,Sybase,mSQL,MySQL,Mricrosoft SQL Server,Solid,PostgreSQL,Adabs,FilePro,Velocis,dBase,Unix dbm, dan tak terkecuali semua database ber-interface ODBC.

Persiapan dasar

Sebelum membuat script PHP,ada beberapa yang perlu disiapkan/diinstal terlebih dahulu seperti :
  1. Sistem Operasi ,contoh disini saya menggunakan sistem operasi windows.
    windows image
  2. Browser,Browser yang dibutuhkan sebaiknya browser versi terbaru yang dapat diunduh secara gratis di masing masing vendor browser tersebut.Contoh anda dapat mendownload browser Mozilla Firefox di https://www.mozilla.org/en-US/firefox/new/

  3. XAMPP.Merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi utama web di dalamnya,untuk mengunduhnya anda bisa klik https://www.apachefriends.org/download.html

  4. Web editor,merupkan aplikasi yang digunakan untuk mengetikan kode-kode program PHP,HTML,JavaScript,dll.Contohnya Notepad,Notepad++,Adobe Dreamweaver ,dan Sublime Text.Disini saya mengguna Sublime Text.

     

Tips :

  • Sebelum mencoba script yang ada ,buatlah sebuah folder baru kerja anda.
  • Folder ini menjadi tempan penyimpananfile file PHP anda.Simpan di biasanya setelah diinstall folder xampp berada di Diks C jadi ,alur penyimpanannya : C/xampp/htdocs/folder kerja anda.
  • Jangan lupa memberi extensi *.phpndi setiap nama file yang anda simpan.

PHP Script

Contoh dasar PHP Script sebagai berikut dan simpan dengan nama coba.php:

<html>
<head>
    <title> Script PHP pertama </title>
</head>
<body>
<h1>By  Anang Leson</h1>
<h4>Belajar PHP </h4>
<?php
//ini adalah komentar satu baris
echo "ini script pertamaku";
/*ini adalah komentar
lebih dari satu baris */
?>
</body>
</html>


  • Untuk pemanggilan lihat script diatas 
  • Output :
Untuk lebih lengkap tutorial tentang script PHP anda bisa mengunjungi website http://www.w3schools.com/php/

Tipe Data PHP

PHP mengenal beberapa macam tioe data antara lain :
  1. Int (integer) adalah tipe data pengolah angka bulat contoh :$angka=24;
  2. Double adalah tipe data pengolah angaka pecahan atau desimal contoh :$pecahan=2.5;
  3. String adalah tipe data pengolah karakter ,untuk string jangan lupa memberi tanda (" atau ') di awal dan akhir variable,contoh : $kalimat='Ini Tipe Data String';

Operator di PHP

Operator adalah simbol yang digunakan untuk memanipulasi data,seperti penambahan,pengurangan,perkalian,perbandingan,atau penugasan. Operator dapat dikelompokan dalam 4 kategori yaitu : 
  1. Operator aritmatika adalah operator yang berhubungan dengan fungsi matematika.
  2. Operator Logika adalah operator yang membandingkan TRUE dan FALSE.
  3. Operator Bitwise adalah operator yang membandingkan binary.
  4. Ada juga operator yang sering digunakan namun tidak termasuk dalam kelompok diatas,kita dapat mempelajarinya dalam kelompok lain.
Operator Aritmatika

aritmatika image

Operator Logika
logika image

Operator Bitwise
bitwise image

    Sekian Sharing Ilmu yang bisa saya berikan,semoga bisa bermanfaat,jangan lupa untuk mengunjungi artikel saya tentang HTML itu apa dan jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda.

Dimohon untuk tidak menggunakan bahasa rasis, bahasa kotor, spam iklan. Link hidup di komentar tidak akan ditayangkan Terima kasih
EmoticonEmoticon